Implementasi Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dan Madrasah

Buku Online > Rianawati > Implementasi Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dan Madrasah

Kerusakan moral bangsa kita dewasa ini dapat dinilai sudah dalam tahap yang sangat mencemaskan utamanya dikalan gan generasi muda saat ini. Nilai-nilai karakter mulia mulai mengalami pergeseran di mana-mana. Dengan sangat mudahnya dan tanpa berpikir panjang lagi generasi muda kita melakukan perbuatan kriminal yang sangat membahayakan jiwa, kehormatan, harga diri dan harta seseorang karena hanya mengikut keinginan dan hawa nafsunya sesaat. Perbuatan tabu bukan lagi tabu dalam pandangan mereka. Tata krama, adat istadat dan agama bukan lagi menjadi pandangan dan tujuan hidup mereka. Justru sebaliknya kehidupan hedonisme dan materialists telah menjadi tujuan hidup generasi muda kita sekarang. Tidak ada kata kerja keras dan berjuang dalam memperoleh sesuatu yang mereka inginkan, justru sebaliknya mereka ingin memperoleh sesuatu dengan instan dan cepat. Tidak ada kata gagal dalam semboyan hidup mereka, sehingga mereka menghalalkan cara-cara yang ilegal untuk memperoleh yang mereka inginkan, tanpa mengindahkan aturan-aturan yang berlaku atau agama yang mereka anut. Tanpa mengindahkan berapa besar kerugian yang diderita orang lain, baik materi maupun psikis. Atau berapa besar kerugian negara akibat sepak terjangnya. Fenomena karakter buruk ini sepertnya sudah lazim berlaku dimasyarakat bahkan sudah dianggap pemandangan biasa, dan tdak ada daya dan upaya lagi apa yang harus dilakukan oleh masyarakat kecuali diam membisu. Bukankah gambaran ini semua telah menjadi tanda-tanda awal kemungkinan adanya kehancuran karakter dalam masyarakat, bangsa, dan negara kita?

Penulisan buku ini paling tdak dimaksudkan untuk mengingatkan kepada semua pihak, khususnya pihak-pihak yang berkecipung dalam dunia pendidikan, tentang bahaya kerusakan moral tersebut, dan yang terpentng adalah bagaimana menemukan jalan keluar yang dapat kita lakukan untuk memecahkan masalah tersebut. Pendidikan karakter, antara lain merupakan salah satu solusi jangka panjang yang harus dilakukan. Satu solusi yang harus menjadi perhatan kita semua adalah pendidikan karakter yang dilaksanakan secara sadar, terencana, dan sistemik di lembaga pendidikan sekolah. Sekolah harus dapat kita jadikan ladang yang subur untuk menyemaikan dan menumbuhkan pilai-pilar nilai karakter bagi generasi masa depan di negeri ini.

Buku ini berjudul ”Impelementasi Nilai-nilai Karakter Pada Mata Pelajaran PAI (Tingkat SLTA)”. Buku ini disusun dalam upaya mengimplementasi nilai-nilai karakter pada mata pelajaran PAI. Sesungguhnya PAI sendiri adalah induknya pendidikan karakter, akan tetapi selama ini terkesan PAI disajikan dalam pembelajaran hanya bersifat dogmats dan normatf. PAI hanya terkesan disajikan sebagai sebuah pengetahuan bukan sebagai sebuah nilai moral yang harus dihayat, dimiliki, dan diaplikasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, buku ini memberikan arahan bagaimana nilai-nilai karakter dapat diimplementasi ke dalam RPP dan Silabus, Materi Pembelajaran PAI, Strategi, Sumber Belajar dan Evaluasi pembelajaran, selanjutnya bagaimana implementasinya dalam pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasinya (Authentc Assessment). Buku ini adalah hasil penelitan yang dilakukan oleh penulis di SMA Muhammadiyah 1 Pontanak. Hasil-hasil penelitan di lapangan yang selanjutnya dibahas dan dianalisis dengan berbagai teori-teori pendidikan yang relevan dan up to date. Selanjutnya dikembangkan oleh penulis sebagai buku bacaan, pegangan dan rujukan bagi guru-guru PAI di SMA khususnya dalam menyusun RPP berkarakter dan mengaplikasikannya dalam kegiatan pembelajaran.

Sangat disadari bahwa dalam buku ini tentu saja masih banyak kekurangan yang mungkin belum memenuhi harapan pembaca khususnya bagi para guru, mahasiswa, dan kalangan akademik. Namun subtansi yang terkandung dalam buku ini, paling tdak menyadarkan dan mengajak para guru khususnya, dapat membangun karakter mulia peserta didik. Sangat diharapkan guru PAI tdak hanya berorientasi pada hasil belajar berupa kompetensi kognitf peserta didik saja, akan tetapi melalui pembelajaran PAI yang berkarakter, guru dapat membangun kompetensi afektk dan psikomotor peserta didik. Buku ini ditulis dengan tujuan antara lain untuk dapat dijadikan rujukan atau bahkan pegangan bagi para pegiat pendidikan. Oleh karena itu, maka dalam buku ini akan dijelaskan hal-hal yang prakts, mudah, dan sederhana, untuk dapat dipraktkkan dalam proses penyelenggaraan pendidikan.

Atas dorongan dari berbagai pihak, khususnya penerbit LP2M IAIN Pontanak yang membantu penerbitan buku ini. Buku tentang pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran PAI khususnya ini, akhirnya dapat diwujudkan dalam bentuk buku yang telah ada di tangan pembaca ini. Kepada semua pihak yang telah ikut memberikan dukungan dalam penerbitan buku ini, penulis tdak lupa menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih Sekali lagi, penulis berharap mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi upaya kemanusiaan untuk meningkatkan karakter anak-anak bangsa di negeri kita tercinta Indonesia. Amin

Link Download:

Implementasi Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dan Madrasah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *