Sejarah & Peradaban Islam

Buku Online > Rianawati > Sejarah & Peradaban Islam

Alhamdulillah, akhirnya Diktat Sejarah dan Peradaban Islam ini dapat diselesaikan dalam bentuk Buku Daras. Buku ini semula merupakan catatan-catatan kecil setiap kali memberikan mata kuliah Sejarah Kebudayaan Islam dimulai tahun 2000, di tingkat S1. Diktat Sejarah dan Peradaban Islam ini, disusun sepenuhnya berdasarkan sillabus Fakultas Tarbiyah. Mengenai isi dan jabaran dari uraian sillabus tersebut dimungkinkan terjadi perbedaan, ini lebih disebabkan karena setiap dosen memiliki titik tekan atau sudut pandang yang berbeda. Namun secara umum tetap mengacu pada sillabus yang ada.

Buku Daras ini diharapkan akan menjadi referensi bagi mahasiswa S1 khususnya Fakultas Tarbiyah. Dan diharapkan Buku Sejarah Peradaban Islam dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh mahasiswa dalam menggali khazanah historis keilmuan dari peristiwa-peristiwa masa lampau sehingga melalui kajian-kajian Sejarah Peradaban Islam dapat membuka wawasan berpikir mahasiswa tentang sejarah dakwah dan perkembangan keilmuan Islam, sains dan teknologi, pendidikan, social kemasyarakatan, perekonomian, politik, perkembangan hukum, kebudayaan, dan pertahanan keamanan, serta hasil-hasil peradabannya baik peristiwa yang terjadi di kawasan Timur Tengah, Eropa, Afrika dan Asia.

Seluruh catatan mata kuliah Sejarah dan Peradaban Islam yang ada dalam Buku Daras ini, masih sangat terbuka untuk mendapatkan penyempurnaan. Ini disadari, karena dinamika ilmu pengetahuan, apalagi pengetahuan ilmu-ilmu sosial selalu mengalami interpretasi baru. Oleh karena itu, kritikan yang bersifat konstruktif sangat diharapkan demi penyempurnaan isi buku ini.

Akhirnya penulis ucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama Ketua Jurusan Fakultas Tarbiyah, kawankawan para dosen dan pihak-pihak lain yang telah memberikan saran, kritik dan masukan, sehingga Buku Daras ini dapat diselesaikan.

Link Download:

Sejarah & Peradaban Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *